Rame-Rame Socmed PP Pemuda Muhammadiyah Ganti ID, Ada Apa?

Muktamar Pemuda Muhammadiyah XVII yang dilangsungkan di Jogja telah selesai. Dalam Muktamar ini Cak Nanto terpilih menjadi nahkoda baru Pemuda Muhammadiyah untuk periode 2018-2022. Terlepas segala dinamika yang terjadi dalam Muktamar kali ini, ada hal menarik yang pengen saya tulis di sini. Kaitannya dengan social media…

Saya tentu bukan tim sukses salah satu calon, karena hanya hadir sebagai penggembira itupun bendera Pemuda saya gagal masuk di pemeriksaan Paspamwapres . Jadi mohon selow saja ya bacanya 😂. Yuk lanjut!

Bagi teman-teman yang mengikuti akun-akun resmi Pemuda Muhammadiyah Pusat tentu sudah sudah familiar sama “ID“nya. Semoga teman-teman yang baca masih ingat, karena ada kabar kurang baik: beberapa akun-akun tersebut IDnya berubah secara berjamaah siang ini (3 Desember 2018). 

Jika melihat akun sosmed yang tercantum di website resmi PP Pemuda Muhammadiyah (monggo dibuka di pojok kiri bawah website di atas), ada beberapa platform yang secara resmi dikelola, diantaranya: 

  1. Facebook, URL: https://web.facebook.com/pppemudamuhammadiyah/
  2. Twitter, URL: https://twitter.com/pppemudamuh 
  3. Instagram, URL: https://www.instagram.com/pppemudamuh/
  4. YouTube, URL: https://www.youtube.com/channel/UCVyIL7_K9cy7zX8E5EWRJaw

Semua link di atas, saya copy langsung dari websitenya ya, boleh dichrosscheck. Mari kita cermati, semua ID memiliki kemiripan yaitu: pppemudamuh atau ppemudamuhammadiyah, kecuali YouTube karena memang belum memenuhi syarat untuk custom URL.

Nah, sekarang coba klik link Twitter dan Instagram. Dua-duanya akan mengarah ke halaman kosong: Sorry, this page isn’t available atau Sorry, that page doesn’t exist! bla-bla-bla yang intinya ID itu sudah gk ada alias diganti!

Oleh siapa? Ya admin lah bos!

Orangnya siapa? you know who! 😂 kalau saya enggak tau…

Sebenarnya kenapa harus ganti ID sih kalau itu benar-benar RESMI milik Pemuda Muhammadiyah Pusat? atau jangan-jangan akun-akun itu “dianggap” milik periode sebelumnya oleh admin? Ayolah lebih dewasa, jangan seperti itu. Akun resmi ini menjadi rujukan informasi bagi Pemuda Muhammadiyah nasional. Jangan mengambil keuntungan dari audience tersebut untuk kepentingan segelintir orang. Apalagi modus operandinya dengan ganti ID!

Sangat berbahaya ketika sebuah akun resmi organisasi besar, tiba-tiba ganti ID. Apalagi jika pergantian itu demi tujuan tertentu di luar organisasi. Jangan mengulangi kejadian ketika Fanspage Resmi IPM hilang aksesnya dan tidak terwariskan ke periode berikutnya akibat bapernya seorang admin, padahal Fanspage tersebut sudah memiliki 60rb lebih follower dan menjadi asset penting untuk kepentingan organisasi. 

Terakhir, sebagai penutup. Semoga admin periode Bang Dahnil merelakan pengelolaan socmed yang diganti IDnya tersebut ke periode Cak Nanto. Ta’awun itu bukan dengan mengambil alih socmed, tapi merelakannya agar dikelola secara lebih baik di periode berikutnya.

Daan, ini dia socmed Pemuda Muhammadiyah yang sudah ganti ID: #KetauanCerdasnya!

Udah, insyaAllah nanti disambung lagi. Mati lampu dan batre habis 😀 biar dibaca dulu.

Penulis adalah Ketua Lembaga Media PP IPM (2016 – 2018)